4 Aplikasi Berbayar Paling Populer di Indonesia!

uang-online
Uang Online

Seiring perkembangan zaman yang kian canggih, semakin bermunculan pula teknologi terobosan terbaru yang sangat menguntungkan masyarakat. Salah satunya adalah aplikasi berbayar.

Memang tak bisa dipungkiri kalau di era yang sudah digital ini, semua hal bisa dilakukan via gadget. Dimulai dari belanja hingga memesan makan.

Nah, dari banyaknya aplikasi yang di unggah dan digunakan oleh masyarakat. Ada beberapa aplikasi yang masuk ke dalam kategori berbayar dan ramai digunakan di Indonesia. Ada kategori social media, video message, streaming and broadcast, hingga penyimpanan data online.

Penasaran apa saja aplikasi berbayar yang paling populer di Indonesia? Berikut empat di antaranya:

1. BIGO LIVE

Aplikasi berbayar yaitu Bigo Live merupakan aplikasi streaming online yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014. Kamu bisa membuat video interaksi online kamu sendiri maupun menonton video streaming online pengguna lain.

Jadi kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan pengguna Bigo lain bisa dengan lewat chat atau memberikan diamond yang ternyata bisa ditukarkan dengan uang sungguhan.

Untuk harganya sendiri pun beragam, mulai dari puluhan, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pihak Bigo pun juga memiliki fasilitas top up diamond Bigo layaknya mengisi kuota internet atau paket data.

2. VIU

Yang hobi nonton drama Korea tentu udah gak asing lagi dengan aplikasi berbayar bernama VIU. Aplikasi yini sudah ada sejak tahun 2015 dan ternyata berasal dari Hongkong, Cina.

Meski terkenal dengan koleksi drama Koreanya, tapi VIU juga memiliki deretan film dari negara-negara Asia lainnya, seperti Jepang, Thailand, Cina dan Indonesia.

3. Spotify

Selanjutnya adalah Spotify yaitu aplikasi berbayar yang menawarkan fasilitas mendengarkan musik terlengkap. Mulai dari lagu kekinian hingga lagu zaman dahulu, ada di Spotify.

Sama halnya dengan VIU, untuk dapat menikmati layanan tersebut, maka kamu diharuskan untuk berlangganan yang bisa langsung dipotong dari kartu kredit hingga pulsa.

Jadi kamu gak perlu tuh repot-repot download lagu, kamu hanya tinggal search penyanyi atau judulnya dan bisa mendengarkan lagu tanpa jeda iklan.

Pakai 3 Cara Nabung Ini untuk Raih Kebebasan Finansial

Uang Online

Jangan lekas putus asa kalau kamu dapat gaji sesuai UMR. Walaupun nilainya kecil, kamu tetap bisa kok raih kebebasan finansial. Caranya pun terbilang sederhana, yaitu dengan menabung.

Hah? Emangnya gaji UMR masih bisa buat nabung ya? Tentu aja bisa dong… Lagian juga selama ini sulitnya menabung itu terjadi karena ada kekeliruan dalam mengatur uang. Jadi tidak terkecuali buat yang gajinya besar juga lho ya.

Nah, lewat cara nabung unik berikut ini, siapa tahu kamu jadi terbiasa menabung atau malah makin bersemangat. Apa aja caranya? Yuk disimak.

1. Uang receh

Menyimpan uang receh itu emang malesin banget. Saking ogahnya, gak sedikit orang yang menaruhnya di sembarang tempat dan akhirnya hilang gitu aja.

Namun, cara pandangmu bakal berubah gitu tahu ternyata uang kecil bisa jadi modal buat melanjutkan pendidikan hingga beli sepeda motor.

Seperti pasangan Ernawati dan Eko Margono dari Magetan. Mereka menerapkan cara nabung uang hingga terkumpul  Rp 42 jutaan. Recehan yang disimpan di kaleng cat kemudian dijadikan modal beli Kawasaki Ninja 250 cc buat anak mereka.

2. Dari hari ke hari selalu ada yang ditabung

Jika langsung menyisihkan 20 persen buat menabung dirasa berat, gimana jika diubah aja menjadi tiap hari? Katakanlah gaji UMR itu Rp 3,7 juta. Itu berarti nabungnya sebesar 740 ribu rupiah tiap bulan. Kalau dibikin per hari, nabungnya menjadi cuma  25 ribu rupiah.

Dengan gaji Rp 3,7 juta, cara nabung tiap hari sebesar Rp 25 ribu bukanlah perkara sulit buat dilakukan. Tentu gak berasa berat dong?

3. Mulai menabung emas

Cara nabung itu gak melulu dalam bentuk uang. Ada yang namanya menabung emas. Tentu aja menabung ini lebih untung dan terjamin aman.

Belum lagi menabung emas itu tidak akan terancam yang namanya inflasi. Beda dengan tabungan biasa yang bunganya masih kalah dengan angka inflasi.

Zaman sekarang, cara nabung emas itu bisa dimulai dengan modal Rp 50 ribu aja lho. Jadi sistemnya seperti cicil. Waktu udah minimal satu gram, bisa dicairkan deh.

Tiap kali gajian menyisihkan Rp 50 ribu bukanlah hal yang berat pastinya buat kamu sekalipun sedang bergaji UMR. Coba deh berpikir jauh ke depan tentang keuntungan yang bakal diterima.

4 Ide Bisnis Idul Adha yang Menghasilkan Banyak Uang

uang-online
Uang Online

Hari Raya Idul Adha 2019 jatuh pada tanggal 11 Agustus mendatang. Jadi kurang lebihnya sekitar satu bulan lagi, seluruh umat muslim bakal merayakan hari raya yang identik dengan pemotongan hewan baik kambing, sapi hingga domba. Bahkan saat perayaan, bakal banyak bisnis musiman yang menghasilkan uang.

Gak berbeda dengan momen Idul Fitri yang bisa mendatangkan rezeki berlimpah, Idul Adha pun juga demikian. Jika jeli melihat peluang bisnis, maka bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lumayan mengisi tabunganmu.

Penasaran apa saja ide bisnis yang bisa kamu jalankan dan dijamin bikin kamu kaya raya? Berikut lima di antaranya:

1. Jual hewan kurban

Ini merupakan salah satu ide bisnis paling menguntungkan. Namun buat menjalankan bisnis yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Nah, buat kamu yang gak memiliki cukup dana buat langsung membeli beberapa ekor. Kamu bisa lho beternak sendiri. Tapi butuh kesabaran yang ekstra.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan para peternak hewan kurban buat menjualnya secara online yang memang kini semua sudah serba uang digital.

2. Peralatan sate

Ide bisnis hari raya ini juga identik dengan pemotongan hewan kurban dan tentu aja melakukan bakar-bakaran alias menyatai. Kamu bisa banget nih memulai bisnis peralatan sate karena memang pastinya bakal banyak diburu.

Kamu dapat menjual panggangan sate, tusuk sate, kipas, hingga berbagai jenis arang. Untuk pemasarannya bisa melalui sosial media baik Facebook atau Instagram atau menawarkan langsung ke kerabat terdekat.

3. Jual bumbu masak siap pakai

Selain sate, banyak orang yang kerap mengolah daging kambing maupun sapi menjadi menu makanan menggiurkan, seperti sop maupun gulai.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, kamu bisa banget lho menyediakan bumbu buat berbagai olahan daging, seperti sate, tongseng, gulai sebagai ide bisnis.

Kebanyakan ibu rumah tangga gak mau ambil pusing membuat bumbu sendiri sehingga ide berjualan bumbu masak siap pakai dijamin bakal laris manis.

4. Jasa masak daging kurban

Kamu jago memasak? Yuk, gunakan keahlian kamu buat ide bisnis dengan menawarkan jasa masak daging kurban.

Pasalnya, gak semua orang dapat memasak olahan daging kurban dengan baik. Seperti diketahui kalau kambing itu memiliki aroma khas. Jadi kalau gak tepat mengolahnya maka hasilnya pun akan kurang lezat.

Ini Lho 4 Jenis Tabungan Paling Populer di Indonesia

uang-online
Uang Online

Jenis tabungan di Indonesia itu cukup beragam, mulai dari konvensional hingga tabungan syariah. Hal itu tentu saja sangat membantu nasabah agar lebih leluasa memilih produk tabungan dengan kebutuhannya.

Yang harus diingat, tabungan itu berurusan sama uang. Jadi kamu mesti pandai-pandai memilih tabungan biar gak salah pilih.

Maka dari itu, penting banget bagi kamu untuk mengetahui jenis tabungan apa saja yang ada di Indonesia. Berikut 5 tabungan yang paling sering dipilih orang.

1. Tabungan Konvensional

Hampir semua masyarakat Indonesia sepertinya memiliki tabungan ini. Pasalnya dana yang tersimpan di tabungan konvensional bisa diambil kapan pun.

Para nasabah juga akan mendapat nomor rekening dan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Seperti yang diketahui, kartu ATM juga dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti tarikan tunai, transfer dana, maupun transaksi belanja.

Untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, bank juga memiliki layanan internet banking dan mobile banking.

2. Tabungan Investasi Deposito

Kini ada banyak cara yang dapat dilakukan orang untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan, salah satunya adalah dengan melakukan investasi.

Nah, tabungan investasi deposito menjadi salah satu jenis tabungan yang banyak dipilih orang. Ya, terutama buat mereka yang belum ngerti investasi tapi mau memulai berinvestasi.

Selain memiliki jangka waktu penyimpanan, menurut bi.go.id suku bunga yang ditawarkan deposito juga relatif lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

3. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka juga menjadi salah satu jenis tabungan yang kini dilirik banyak orang, terutama buat mereka yang ingin membeli barang atau memerlukan dana dalam beberapa waktu ke depan.

Misalnya mau jalan-jalan ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Nah, mereka memilih membuka tabungan berjangka agar lebih disiplin dalam menabung.

Selain itu, kamu juga gak perlu repot-repot mentransfer dana, karena bank akan menarik dana secara otomatis dari rekening tabungan induk di tanggal yang sudah ditetapkan.

4. TabunganKu

Salah satu keunggulan produk TabunganKu adalah setoran awal rendah, yaitu sebesar Rp 20 ribu dan juga bebas biaya administrasi.

Hal itulah yang membuat banyak orang membuka jenis tabungan ini. Selain itu, bi.go.id juga mengatakan kalau TabunganKu bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung masyarakat Indonesia dan dapat menjangkau masyarakat yang belum memiliki tabungan di bank.

4 Pilihan Deposito dengan Suku Bunga Terbaik

uang-online
Uang Online

Deposito masih jadi instrumen investasi yang diminati masyarakat. Selain suku bunganya yang lebih besar dari tabungan biasa, risiko investasi deposito juga kecil sehingga investor tak perlu cemas uang lenyap atau tak berkembang. Risiko tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham dan obligasi.

Nah, untuk memudahkanmu memilih, kami udah punya daftarnya nih. Berikut 4 pilihan deposito bersuku bunga tertinggi pada tahun 2018.

1. Deposito Panin Bank

Panin Bank termasuksebagai bank ke-7 terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu bank yang berfokus pada produk jasa konsumen dan komersial, Panin menawarkan pilihan deposito dengan bunga yang cukup kompetitif. Deposito Panin bersifat cukup likuid karena pilihan jangka waktu simpanan yang variatif, mulai dari 7 hari, 14 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

2. Danamon Deposito Online

Pilihan Deposito Online dari Bank Danamon sedang menawarkan program khusus pemberian bunga hingga 6,5 persen nih. Program ini berlaku untuk seluruh nasabah yang menempatkan dana di deposito IDR (rupiah) melalui Danamon Online Banking atau D-Bank.

Pilihan jangka waktu yang diberikan mulai dari 3, 6, atau 12 bulan. Untuk mulai buka rekening deposito, siapkan dana yang ingin disimpan minimal sebesar Rp 8 juta. Tertarik? Harus gercep nih karena promo ini berlaku hanya sampai 31 Oktober 2018.

3. Jenius

Bagi kamu yang baru kenal Jenius, gak perlu cemas. Jenius merupakan aplikasi perbankan yang diluncurkan oleh PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk (BTPN). Jadi, soal keamanan tak perlu diragukan lagi. Nah, Jenius memiliki salah satu pilihan deposito bernama Maxi Saver.

Asyiknya, fitur ini memungkinkan kamu mengatur dan membuka deposito sesuai kebutuhan langsung dari smartphone.  Untuk membukanya, kamu perlu menyiapkan dana minimal Rp 10 juta. Tidak ada batasan maksimal deposito Maxi Saver yang ingin dibuka. Saat ini Jenius menawarkan bunga hingga 6,5 persen per tahun.

4.  Deposito BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) adalah bank BUMN yang juga menawarkan suku bunga yang kompetitif. Salah satu produknya adalah Pilihan Deposito BTN Ritel Rupiah. Program deposito ini memberikan kesempatan untuk para investor dengan modal kecil. Sebab mininum penempatannya bisa dimulai Rp 1 juta aja.

Bunga yang ditawarkan dimulai dari 5 persen untuk jangka waktu satu bulan hingga 5,75 persen untuk penempatan dana di atas Rp 2 miliar dan selama 12 bulan.

Ini 5 Alasan Kamu Mesti Bikin Rekening Giro

uang-online
Uang Online

Kamu pengusaha? Udah saatnya nih kamu paham soal rekening giro. Tapi ngomong-ngomong, udah pernah dengar kan sama jenis rekening yang satu ini? Giro merupakan salah satu produk perbankan yang sifatnya mirip tabungan.

Di dalam rekening giro jelas ada duitnya. Namun, cara untuk menarik uang di giro berbeda dengan tabungan bank. Kalau di tabungan, kamu bisa menariknya di ATM, dan buat transfer dana juga bisa lewat sana, atau bahkan bisa juga dengan mobile banking.

Tak perlu berlama-lama lagi, inilah empat alasan penting kenapa para pengusaha muda seperti kamu harus punya rekening giro.

1. Bisa buat gaji pegawai

Sebagian dari kamu tentu ada yang memiliki pegawai tapi gak punya rekening bank bukan? Alhasil, kamu harus kasih gaji pekerja kamu dalam bentuk tunai alias cash.

Ketika memiliki rekening giro, kamu gak perlu memberikan uang setumpuk ke si pegawai ini. Kamu hanya perlu berikan cek, dan dia bisa mencairkan uangnya di bank di saat kapan pun.

Praktis bukan? Dan pastinya gak bikin kamu capek.

2. Terhindar dari biaya transfer beda bank

Ketika kamu hendak melakukan pembayaran atau transfer ke klien atau vendor yang berbeda bank, kamu gak perlu khawatir sama biaya transfer.

Tinggal ketemuan, dan kasih cek ke penerima uangnya. Beres deh urusanmu.

3. Bisa mencairkan uang dalam jumlah besar

Berapa jumlah maksimal uang yang bisa dicairkan lewat cek? Bebas. Asalkan jumlah uangnya gak melebihi nominal yang ada di rekening giro.

So, ketika ada transaksi dengan jumlah dana yang cukup besar, kamu tinggal berikan aja ceknya ke klien atau vendor.

4. Memudahkan banget proses transaksi antar pelaku usaha

Ketika ada dua pemilik usaha bertemu dalam sebuah meeting buat mendiskusikan proyek, dan tiba-tiba ada transaksi yang terjadi, maka mereka gak perlu lari ke ATM buat ambil uang.

Tinggal isi cek, dan transaksi pun selesai. Gampang banget, kan?

5. Tersedia dalam pilihan beragam mata uang

Kelebihan giro yang terakhir adalah rekening ini tersedia dalam berbagai pilihan mata uang. Salah satu bank besar di Indonesia bahkan menyediakan sembilan pilihan lho.

Gak bingung lagi deh kalau seandainya kamu harus melakukan transaksi dengan mata uang di luar Rupiah.

3 Rekomendasi Tabungan Anak untuk Masa Depan

uang-online
Uang Online

Mengajarkan anak menabung memang bisa dibilang susah-susah gampang. Tapi bukan berarti gak bisa lho. Kamu bisa memilihkan tabungan yang pas untuk mereka.

Tabungan anak umumnya diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun. Namun biasanya produk tabungan tersebut masih menggunakan nama orangtua.

Pasalnya anak di bawah usia 17 tahun dianggap belum memiliki identitas diri. Tapi kamu gak perlu khawatir, karena kartu ATM dan buku tabungannya tetap atas nama anak meskipun menggunakan identitas orangtua.

Tabungan anak ditujukan agar anak memiliki kebiasaan menabung serta agar anak dapat mengatur keuangan sejak dini. Dengan begitu, anak jadi mahir dan apik dalam mengatur uang ketika dewasa nanti.

Makanya, penting bagi para orangtua untuk dapat memilih jenis tabungan anak yang sesuai. Nah, berikut ini ada lima jenis tabungan anak dari berbagai bank yang bisa jadi pilihanmu. Simak yuk!

1.  BRI Junio

Bank BRI memang menjadi salah satu bank yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk menabung. Soalnya, Bank BRI memiliki kantor cabang terluas, bahkan hingga ke pelosok desa. Jadi dapat merangkul masyarakat dari berbagai kalangan.

Selain tabungan BritAma, Bank BRI juga mempunyai tabungan yang memang dikhususkan untuk anak-anak, yaitu tabungan BRI Junio.

Supaya anak memiliki tabungan, orangtua terlebih dahulu harus sudah memiliki tabungan di Bank ini.

2. BNI Taplus Anak

Bank BNI juga memiliki tabungan anak yaitu BNI Taplus Anak, jenis tabungan yang ditujukan untuk anak usia 0 hingga 17 tahun.

Beberapa persyaratan dan keunggulan yang dapat diperoleh dari tabungan ini, diantaranya adalah kartu debit atau ATM dapat didesain menggunakan foto anak, bebas biaya pengelolaan rekening & Orang tua tetap dapat memantau transaksi Anak karena ada notifikasi SMS yang akan dikirimkan ke ponsel orangtua.

3. Tabungan BTN Junior

Tabungan BTN Junior memang ditujukan khusus supaya anak menjadi pribadi yang gemar menabung dan untuk anak usia 0 hingga 17 tahun.

Sama halnya dengan tabungan dari bank lain. Tabungan ini juga memiliki beberapa persyaratan dan keunggulan, seperti setoran awal minimal Rp 20 ribu, setoran selanjutnya sebesar Rp 10 ribu, mengisi form aplikasi permohonan pembukaan rekening & melampirkan copy Akte Kelahiran/Kartu Keluarga.