3 Keuntungan Uang Digital yang Disukai Millenial

Beberapa waktu yang lalu, saya mendengar sepenggal percakapan anak muda yang sedang mengantre di bioskop. Tampaknya mereka seusia sekolah menengah pertama. Salah satu dari mereka bilang, “Pake T-Cash gue aja, lagi ada promo buy 1 get 1 nih”. Menarik, anak zaman sekarang semakin akrab dengan konsep uang ini.

Pada umumnya mereka menggunakan uang non-tunai berkat iming-iming diskon dan potongan harga yang disajikan para penyedia e-Money. Tapi ke depannya, bukan tidak mungkin mereka akan tetap menggunakannya meskipun tanpa iming-iming potongan harga.

Uang berbasis elektronik sendiri dibagi menjadi dua, e-Wallet dan e-Money. Perbedaannya terletak pada bentuknya. E-Wallet adalah uang elektronik berbasis aplikasi atau server based contohnya T-Cash, Sakuku, Go-Pay, dan lainnya. Sedangkan e-Money merupakan uang elektronik yang berbasis kartu contohnya e-Money Mandiri, Flazz BCA, BRIZZI dari BRI dan lainnya. Sebenarnya, apa aja sih keuntungan uang elektronik dibandingkan uang fisik?

1. Ga Perlu Takut Dicopet

Untuk e-Money card based, risiko kecopetannya memang masih ada karena sifatnya yang benar-benar pengganti uang tunai. Uang kita seolah berada di dalam kartu. Tak ada PIN keamanan dan siapa pun bisa menggunakannya. Berbeda dengan e-Wallet yang lebih canggih. Uang kita disimpan di dalam server yang lebih aman berkat adanya fitur authorization pengguna berupa password atau pin. Seperti yang kita tahupada umumnya, copet lebih menyukai uang cash, bila mereka nyopet dompet Kamu, dan isinya hanya kartu-kartu, dijamin deh dia mengurungkan niatnya, syukur-syukur bisa balikin dompetnya ke Kamu. Keamanan ini menjadi salah satu keuntungan uang non-tunai yang paling bermanfaat.

2. Pembayaran Lebih Praktis

Dengan uang non-tunai, tidak ada lagi yang namanya menghitung uang secara manual. Cukup cek saldo kamu secara digital. Bila saldo kamu mencukupi, tak perlu waktu lama dan bertele-tele, transaksi Kamu sudah bisa dilakukan. Tinggal tap, tinggal swipe, atau yang lebih canggih, tinggal Scan! Kepraktisan ini menjadi keuntungan uang non-tunai yang dimanfaatkan banyak orang

3. Ga Perlu Ribet Kembalian

Seringkali kita memang dirumitkan sama urusan receh seperti ini. Apa lagi bila kita baru saja mengambil uang di ATM yang umumnya hanya ada pecahan Rp50 ribuan atau Rp100 ribuan dan kita ingin bayar parkir mal yang biasanya di bawah Rp10.000. Fenomena “gak ada kembalian” pun seringkali dihadapi. Salah satu keuntungan uang berbasis digital kalian tinggal tap atau gesek, saldo otomatis terpotong sesuai dengan nominal pembayaran dan tidak ada proses pertukaran uang tunai yang biasanya memakan waktu lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *