3 Manfaat Uang Elektronik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Bank Indonesia menyebutkan transaksi nontunai meningkat sebesar 24% pada tahun 2018 lalu. Tren positif tersebut disambut baik oleh pelaku industri untuk terus menggencarkan penggunaan layanan digital melalui cara yang lebih unik, mulai dari promosi hingga kolaborasi dengan sektor lain. Pada artikel kali ini dirangkum manfaat uang digital yang bisa didapat dan mungkin belum kamu ketahui.

1. Kemudahan

Kemudahan menjadi kelebihan utama uang non-tunai. Dengan menggunakan uang digital, Anda tidak perlu lagi membawa dompet yang tebal  dan penuh uang tunai, kartu debit/kredit, atau mengantre untuk melakukan tarik tunai di ATM. Selain itu, uang elektronik juga lebih aman dan lebih mudah dibawa saat bepergian.

Dalam keadaan darurat, menggunakan uang elektronik dapat memudahkan Anda. Contoh, ketika harus membayar belanjaan online tetapi tidak bisa membayar secara langsung karena sedang berhalangan, Anda bisa menggunakan alternatif seperti OneKlik milik BCA, OVO, dan sebagainya. Tak heran, kemudahan menjadi manfaat uang non-tunai paling dicari.

2. Promosi

Berbagai promosi yang ditawarkan oleh layanan pembayaran digital akan menguntungkan pengguna. Penawaran seperti cashback atau diskon menjadi salah satu hal yang menarik pengguna untuk menggunakan layanan tersebut.

Berdasarkan riset Oktober 2018 lalu, sebanyak 65% responden menggunakan transaksi ini ketika ada program promosi. Sementara, responden lain akan memakai layanan pembayaran digital bila: tidak membawa uang tunai ataupun kartu kredit/debit (60,2%), hampir setiap waktu (42,7%), dan merasa transaksi nontunai lebih baik daripada tunai (24,5%).

Penawaran pada program seperti Pay Day dari Go-Pay dapat dirasakan dan menjadi salah satu manfaat uang digital yang paling menguntungkan.

3. Terdapat Histori Transaksi

Dilansir dari Economy Times, CEO Outlook Asia Capital Manoj Nangpal berpendapat, bila semua transaksi dicatat maka Anda dapat melihat kembali pengeluaran anda secara berkala, minimal satu hari sekali.

“Jika semua transaksi dicatat, akan sangat mudah bagi orang untuk melacak pengeluaran mereka. Ini juga akan membantu saat mengajukan pengembalian pajak penghasilan dan jika dicermati, orang akan mudah menjelaskan pengeluaran mereka,” kata Manoj Nangpal.

Hampir semua layanan e-money memberikan histori transaksi pada aplikasinya. Mulai dari Go-Pay, Ayopop, T-Cash, dan lain sebagainya. Manfaat uang non-tunai yang satu ini sangat berguna untuk mengetahui detail pengeluaran kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *