3 Tips Aman Transaksi Internet Banking

kirim-uang
Kirim Uang

Bagi Anda yang cukup sering melakukan transaksi secara online dan melakukan pembayaran melalui internet banking, Anda perlu mewaspadai kejahatan-kejahatan yang mungkin timbul.

Memang, layanan ini mempunyai beberapa risiko tertentu. Namun risiko tersebut juga berkaitan dengan metode perbankan lainnya seperti perilaku kita yang tidak paham cara menggunakannya dengan baik.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk menghindari kejahatan yang mungkin timbul dari transaksi online ini? Berikut tips aman bertransaksi internet banking:

1. Ketik URL Internet Banking dengan Benar

Ketika menjelajahi dunia maya, sebagian besar orang menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain untuk melakukan pencarian, termasuk saat bertransaksi internet banking.

Mesin pencari akan menampilkan hasil berdasarkan kata kunci pencarian Anda. Maka dari itu, ada kemungkinan Anda melakukan klik ke tautan situs yang salah. Biasanya situs semacam itu hampir mirip dengan laman lembaga keuangan yang dapat mencuri informasi keuangan Anda.

Lalu jangan mengklik link email untuk menuju ke situs banking  yang tidak dikenal karena biasanya itu adalah modus pencurian data Anda. Oleh karena itu, akan lebih aman untuk masuk dengan mengetikkan URL situs/laman bank Anda di bilah alamat browser Anda secara teliti dan benar.

2. Gunakan Keyboard Virtual

Anda mungkin pernah mendengar tentang ‘software pelacakan kata kunci’. Perangkat lunak tersebut dapat melacak semua penekanan tombol yang ada pada komputer.

Software itu dapat merekam semua penekanan tombol termasuk tombol fungsi khusus. Beberapa orang mungkin menyalahgunakan jenis perangkat lunak ini. Jika Anda telah menginstal perangkat lunak yang bajakan ke komputer Anda, maka ada banyak kemungkinan bahwa beberapa berbahaya untuk mencari kata kunci dan mencari rincian log in Anda.

Hal ini juga dapat direkomendasikan oleh bank yang menggunakan software berbasis keyboard (virtual keyboard) untuk proses log in.

3. Ganti Password Secara Berkala

Biasakan selalu mengganti kata sandi (password) internet banking Anda setiap 45-60 hari sekali. Buat kata sandi yang kuat dengan menggunakan kombinasi alfabetis (menurut abjad), numerik (angka) khusus sehingga makin sulit diretas.

Kata sandi Anda harus unik. Dan jangan gunakan password yang sama untuk situs web (website) lain dan sulit ditebak orang. Hindari menggunaan nama, tanggal lahir, nomor telepon, nomor registrasi kendaraan dan sebagainya untuk membuat password.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *