4 Kekurangan Auto Debit yang harus diketahui

kirim-uang
Kirim Uang

Walaupun pembayaran otomatis dapat membuat hidup lebih mudah, tentu saja ada beberapa risiko yang juga perlu diperhatikan.

Bila tidak hati-hati, maka akan mudah timbul masalah. Sehingga tidak heran bila banyak pro kontra dengan sistem auto debit ini. Dengan auto debitmerchant berhak kirim uang tagihan tanpa minta persetujuan atau pemberitahuan lagi kepada Anda.

Dengan auto debit ini, berarti Anda membiarkan uang yang ada di rekening akan secara rutin terpotong setiap bulannya pada pembayaran-pembayaran yang Anda atur, mulai dari tagihan listrik, kartu kredit, layanan berlangganan dan lainnya.

Berikut ini adalah kekurangan pembayaran auto debit yang harus kamu ketahui :

1. Kurang Aktif dalam Mengatur Keuangan Anda Sendiri

Jika Anda adalah tipikal seseorang yang lebih memilih mengawasi langsung setiap pengeluaran yang telah dianggarkan, maka sistem pembayaran otomatis ini mungkin tidak terlalu cocok untuk Anda. Terlebih lagi bisa saja Anda akan mengabaikan kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi dengan menggunakan pembayaran otomatis. Contohnya pembayaran yang dobel, pembayaran yang tak terjawab, dan pembayaran lainnya.

2. Terlalu Nyaman Melakukan Pembayaran dalam Jumlah Minimum

Membayar dengan menggunakan sistem auto pay akan membuat Anda terbiasa dan nyaman membayar tagihan dalam jumlah terkecil. Sebab pembayaran yang dilakukan dengan otomatis hanya dapat dilakukan dalam jumlah yang minimum.

Apalagi bila utang tersebut memiliki bunga yang cukup tinggi. Tentu akan membuat utang Anda tidak kunjung selesai, bahkan bisa semakin membengkak atau menumpuk karena terakumulasi.

3. Membayar Sesuatu Hal yang Sudah Tak Lagi Digunakan

Hal lainnya yang tidak terlalu menyenangkan dalam penggunaan sistem otomatis ini adalah bisa saja Anda membayar sesuatu yang sebenarnya sudah tidak Anda gunakan lagi. Sebab model pembayaran ini berada dalam jumah minimum. Tentu semua hal tersebut bisa dengan mudah menguras saldo rekening Anda.

4. Cukup Sulit Bila Ingin Mengubah ke Pembayaran Manual Lagi

Apabila di hari berikutnya Anda ingin mengubah cara pembayaran dari otomatis (auto debit) ke pembayaran manual, biasanya upaya untuk mengubah hal ini relatif lumayan sulit. Sehingga mau tidak mau seolah Anda harus terus menggunakan sistem auto-pay tersebut, meski tidak ingin lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *