4 Tips Mengelola Uang di Dompet Digital

uang-digital
Uang Digital

Semakin banyak masyarakat yang menggunakan uang digital untuk melakukan berbagai jenis transaksi. Hal ini karena uang digital lebih praktis dan bisa menyelesaikan urusan transaksi dengan cepat.

Tetapi, penggunaan dompet digital bisa membuat Anda justru menjadi lebih boros bila Anda tak mampu menahan godaan tawaran promosi barang konsumtif yang membuat dompet jebol. Diperlukan trik tertentu untuk mengelola uang lebih baik. Berikut ini adalah tips mengelola uang yang bisa kamu terapkan.

Memahami Kebutuhan

Sebelum memilih menggunakan electronic money, Anda mesti memahami terlebih dahulu kebutuhannya untuk apa. Setelah mengetahui jawabannya, Anda tinggal menghitung pengeluaran bulanan yang akan dibayar lewat saldo uang digital anda. Dengan memahami kebutuhan, Anda jadi bisa berhitung besaran uang yang harus dimasukkan ke saldo anda setiap menerima gaji bulanan supaya kamu bisa mengelola uang lebih baik.

Membatasi Saldo

Isilah saldo sesuai dengan ongkos harian. Misalnya, biaya perjalanan Anda hanya Rp 15 ribu per hari. Anda bisa membatasi saldo sebesar Rp 150 ribu untuk 10 hari ke depan.

Anda bisa menambahkan saldo sebesar 10-15% dari kebutuhan sebenarnya untuk megantisipasi kebutuhan mendadak. Pembatasan jumlah saldo akan membantu mengelola uang Anda dari keinginan konsumtif seperti berbelanja barang tidak perlu.

Memanfaatkan Promo

Anda boleh memanfaatkan promo yang ditawarkan penyedia layanan dompet digital untuk mengelola uang anda. Kalau Anda dan teman sekantor ingin makan siang di luar sekali waktu, pilihlah restoran yang bekerja sama dengan penyelenggara dompet digital sehingga terdapat potongan harga. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran lain seperti membeli barang dengan poin-poin yang sudah dikumpulkan dari transaksi sebelumnya.

Tetapi, alangkah baiknya jika penawaran diskon dari uang elektronik juga dimanfaatkan untuk hal yang lebih produktif. Salah satunya dengan menggunakan promo untuk makan siang di restoran bersama klien.

Memonitor Saldo

Fintech tertentu menawarkan fitur untuk melacak transaksi, monitor pembayaran, sampai menemukan pengeluaran uang yang tidak tepat. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat dan mengevaluasi pengeluaran selama sebulan. Hasil evaluasi tersebut bisa menjadi dasar untuk memperbaiki rencana keuangan di bulan berikutnya. Siapa tahu, ternyata Anda harus mengurangi jumlah saldo anda di waktu selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *