5 Tips Cerdas Memakai E-Money

uang-digital
Uang Digital

Kehadiran E-Money memang memudahkan kehidupan kita. Pasalnya, pembayaran yang dulu mengharuskan dengan uang tunai, kini bisa digantikan dengan memakai e-money. Namun, ada beberapa tips cerdas yang harus anda terapkan. Berikut pembahasannya.

1. Pilih E-Money Sesuai dengan Kebutuhan

Sesuaikan pilihan e-money dengan kebutuhan sehari-hari anda. Sekarang sudah ada e-money versi untuk kereta, belanja di mini mart, pintu tol, dan fungsi lainnya. Lalu muncul pertanyaan, apakah lebih baik memiliki satu kartu untuk semuanya atau dibagi saja? Anda harus melihat dulu apakah kamu sering datang dan berulang kali melakukan transaksi di merchant tersebut? Misalnya anda sering naik commuter line dan melewati jalan tol, maka kamu perlu e-money supaya lebih efisien dan tidak lama antri. Tapi sebaliknya jika dalam setahun hanya hitungan jari, penggunaan e-money jadi sangat kurang terpakai.

2. Pakai Debit untuk Transaksi Besar

Jangan semua transaksi kamu lakukan memakai E-Money. Kalau kamu mau melakukan transaksi dengan nominal yang cukup besar, usahakan untuk menggunakan kartu debit yang pasti memiliki saldo yang lebih banyak. Penggunaan kartu debit untuk transaksi bernilai besar juga relatif lebih aman lho karena akunmu tercatat di perbankan dan ada nomor identitas pribadi atau PIN.

3. Pakai E-Money dari Perbankan Resmi


Pilihlah e-money yang dikeluarkan oleh perbankan yang resmi dan jangkauan wilayahnya cukup luas. Memakai E-Money dari bank resmi akan memudahkan anda jika berpergian ke wilayah pelosok atau daerah yang jauh dari asalmu.

4. Perhatikan Biaya Tambahan

Seringkali masyarakat tidak memperhatikan adanya biaya tambahan atau extra charge dan administrasi setiap melakukan transaksi, biaya bulanan, atau potongan tiap isi ulang. Anda harus jeli setiap pembuatan awal dan update dengan informasi berkaitan syarat & ketentuan memakai e-money tersebut.

Jangan sampai uang yang ada dalam e-money anda justru habis termakan biaya bunga atau administrasi yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

5. Rawat Kartu

Satu keping kartu e-money sama saja dengan uang tunai di dompet. Kehilangan E-Money sama seperti kehilangan uang tunai yang ada di dompet. Begitu juga jika chip di kartu rusak, jadi jangan “jorok” dan rawat baik-baik kartumu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *