5 Tips Mudah Mengumpulkan Modal Bisnis

modal bisnisNggak semua orang lho guys punya bakat dalam bidang bisnis. Banyak yang memulai bisnis dari awal, sehingga mereka harus siap menerima risikonya. Selain harus punya ide berbeda dan kreatif, pasti ada modal dong? Sebenarnya modal nggak akan jadi permasalahan utama kalau kamu mau berusaha dari awal mulai. Ada beberapa bisnis besar membutuhkan modal besar, ada yang nggak harus menyiapkan modal bisnis. Tenang guys, berikut ada tips untuk kamu yang punya modal baru sedikit. Temukan tipsnya di bawah ini!

1. Menjual aset yang kamu punya

Tiap orang ada yang memiliki asetnya sendiri, entah dalam bentuk properti, emas, kendaraan dan sebagainya. Aset bisa menolong kamu sebagai modal bisnis, bahkan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Pertimbangkan baik-baik apakah aset yang sudah dipersiapkan tepat untuk memenuhi modal?

2. Gunakan uang tabungan pribadi

Tabungan yang kamu punya nggak harus selalu dibelikan barang, karena bisa jadi tabunganmu sendiri sangat membantu. Pengalokasian dana tabungan menjadi modal bisnis juga harus serius. Akan ke arah mana bisnis yang akan diambil, dengan modal tersebut berapa keuntungan yang ingin didapatkan.

3. Meminjam uang dari keluarga atau sahabat

Kadang merasa nggak kamu sudah menabung dengan sabar tetap modal bisnis yang dibutuhkan belum memenuhi. Tapi tenang, ada tips lain yaitu dengan share usaha dalam bisnis ini kepada keluarga atau sahabat terdekat. Jika kamu berhasil membuat mereka percaya karena keseriusanmu dalam bidang ini, tanpa ragu mereka akan meminjamkan uangnya untukmu. Lakukan dengan niat baik dan proposal untuk menjelaskan rencana dan prospek bisnismu. Dengan detail yang mereka semakin yakin untuk meminjamkannya, tapi kalau sudah sukses pastikan segera dibayar ya!

4. Manfaatkan dana hibah perusahaan atau program mahasiswa

Pada saat tertentu, sebuah perusahaan melakukan program Corporate Social Responsibilty (CSR). mulai dari BUMN dan perusahaan swasta memiliki anggaran tersendiri untuk membantu perekonomian masyarakat serta badan usaha mikro. Dana hibah akan diberikan melalui kompetisi inovatif dan kreatif. Asah kemampuan berbisnis dan kreativitasmu untuk mencoba keberuntungan dari program tersebut. Selain perusahaan, beberapa universitas pun membuka peluang untuk mendapatkan modal usaha melalui kompetisi.

5. Ikuti bebrbagai macam seminar

Investor adalah sebuah jawaban bagi para wirausaha muda yang merintis karir dari nol. Namun, effort yang dibutuhkan juga nggak mudah. Para investor akan melihat lebih jeli dalam mempertimbangkan untung dan rugi. Mereka akan tertarik pada bisnis denga prospek jelas dan menjanjikan. Datang ke seminar-seminar atau workshop kewirausahaan karena akan memudahkan kamu menemukan para investor. Bukan hanya mendengar ilmu dari para ahlinya, kamu bisa membangun ikatan baru dengan para wirausaha lainnya yang hadir ke seminar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *