Pakai 3 Cara Nabung Ini untuk Raih Kebebasan Finansial

Uang Online

Jangan lekas putus asa kalau kamu dapat gaji sesuai UMR. Walaupun nilainya kecil, kamu tetap bisa kok raih kebebasan finansial. Caranya pun terbilang sederhana, yaitu dengan menabung.

Hah? Emangnya gaji UMR masih bisa buat nabung ya? Tentu aja bisa dong… Lagian juga selama ini sulitnya menabung itu terjadi karena ada kekeliruan dalam mengatur uang. Jadi tidak terkecuali buat yang gajinya besar juga lho ya.

Nah, lewat cara nabung unik berikut ini, siapa tahu kamu jadi terbiasa menabung atau malah makin bersemangat. Apa aja caranya? Yuk disimak.

1. Uang receh

Menyimpan uang receh itu emang malesin banget. Saking ogahnya, gak sedikit orang yang menaruhnya di sembarang tempat dan akhirnya hilang gitu aja.

Namun, cara pandangmu bakal berubah gitu tahu ternyata uang kecil bisa jadi modal buat melanjutkan pendidikan hingga beli sepeda motor.

Seperti pasangan Ernawati dan Eko Margono dari Magetan. Mereka menerapkan cara nabung uang hingga terkumpul  Rp 42 jutaan. Recehan yang disimpan di kaleng cat kemudian dijadikan modal beli Kawasaki Ninja 250 cc buat anak mereka.

2. Dari hari ke hari selalu ada yang ditabung

Jika langsung menyisihkan 20 persen buat menabung dirasa berat, gimana jika diubah aja menjadi tiap hari? Katakanlah gaji UMR itu Rp 3,7 juta. Itu berarti nabungnya sebesar 740 ribu rupiah tiap bulan. Kalau dibikin per hari, nabungnya menjadi cuma  25 ribu rupiah.

Dengan gaji Rp 3,7 juta, cara nabung tiap hari sebesar Rp 25 ribu bukanlah perkara sulit buat dilakukan. Tentu gak berasa berat dong?

3. Mulai menabung emas

Cara nabung itu gak melulu dalam bentuk uang. Ada yang namanya menabung emas. Tentu aja menabung ini lebih untung dan terjamin aman.

Belum lagi menabung emas itu tidak akan terancam yang namanya inflasi. Beda dengan tabungan biasa yang bunganya masih kalah dengan angka inflasi.

Zaman sekarang, cara nabung emas itu bisa dimulai dengan modal Rp 50 ribu aja lho. Jadi sistemnya seperti cicil. Waktu udah minimal satu gram, bisa dicairkan deh.

Tiap kali gajian menyisihkan Rp 50 ribu bukanlah hal yang berat pastinya buat kamu sekalipun sedang bergaji UMR. Coba deh berpikir jauh ke depan tentang keuntungan yang bakal diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *