Ribet Bawa Uang Cash ? Coba Berbagai Macam Uang Elektronik Ini !

uang-digital
Uang Digital

Banyak anak muda yang mulai berpindah dari uang tunai menjadi non tunai. Selain praktis, menggunakan uang elektronik saat bertransaksi dinilai lebih cepat dibanding uang cash. Macam uang digital juga begitu banyak dengan berbagai keuntungannya masing-masing.

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi menggunakan uang elektronik sampai kuartal I-2018 tumbuh hingga 361 persen secara tahunan. Adapun transaksinya mencapai Rp 4 triliun.

Kamu sendiri udah termasuk cashless society belum nih ? Kalau belum, coba kenalan lebih dekat dengan berbagai macam uang non tunai di Indonesia berikut ini.

1. Go-Pay

Fitur Go-Pay membawa Gojek berubah menjadi financial technology alias fintech. Sebagai alat pembayaran, Go-Pay bahkan telah dapat digunakan sebagai e-cash yang terpisah dari ekosistem Gojek.

Go-Pay sudah bisa dipakai untuk berbelanja online di beberapa e-commerce, beli pulsa, hingga bayar tagihan listrik. Di Tahun 2018, Go-Pay bahkan bisa digunakan untuk transaksi offline melalui scan barcode.

Kelebihan lainnya dari Go-Pay adalah cara top up-nya yang mudah dan beragam. Bisa melalui ATM, melalui driver Go-Jek, hingga melalui kasir Alfamart. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Go-Pay jadi macam uang non-tunai yang wajib kamu coba !

2. E-Money Mandiri

Mandiri e-Money berbentuk kartu fisik berbasis chip. Calon pengguna bisa membeli kartu perdananya di kantor Cabang Bank Mandiri atau merchant retail offline seperti Indomaret, Alfamart, Halte transjakarta, Stasiun KRL, dan sebagainya.

Kartu ini sering digunakan buat pembayaran transportasi seperti KRL, Transjakarta, sampai bayar tol. Selain itu, kartu ini juga bisa digunakan untuk bayar parkir, belanja di toko ritel (Indomaret dan Alfa Group), hingga pembayaran di wahana hiburan atau restoran berlogo e-money.

Isi ulang dapat dilakukan di ATM Mandiri bertanda e-money, melalui aplikasi e-money, ataupun berbagai merchant yang bekerjasama.

Sayang, e-money cukup mahal disbanding macam uang digital lainnya. Satu kartu dapat dibeli dengan harga Rp 20-30 ribu belum termasuk saldo. Selain itu, jika kartu rusak atau hilang, kamu bisa kehilangan semua saldo yang tersisa.

3. T-Cash

T-Cash adalah layanan uang digital dari Telkomsel. Oleh sebab itu, hanya pengguna Telkomsel yang bisa menikmati layanan ini. T-Cash dapat digunakan untuk pembayaran di beberapa merchant tertentu, beli pulsa, belanja online, sampai kirim uang tanpa rekening bank. Untuk top up saldo, caranya tidak jauh beda dengan uang non tunai lainnya, yaitu melalui GraPARI, Indomaret, Alfamart, dan transfer bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *